Minggu, 06 Desember 2009

Sekilas Makna KELUARGA SAKINAH

Suatu ketika, salah seorang teman saya bertanya via sms tentang arti Sakinah mawadah warohmah, pertanyaan tersebut tidak langsung saya jawab, disamping saya juga belum tahu jawaban yang saya anggap pas, juga saya pikir apa mungkin jawab lewat SMS yang kata katanya dibatasi hanya 160 karakter saja ? akhinya temen saya usul, agar ditulis di blog saja, betul juga ide teman saya ini...
akhirnya tiba saatnya untuk sekedar menuliskan tentang makna keluarga sakinah dari sudut pandang saya yang masih miskin ilmu.

Manusia diciptakan berpasang pasangan oleh Allah, tentunya harapannya akan timbul sinergi dan kerjasama yang indah ketika antara lelaki dan perempuan disandingkan (hayoo jangan mikir yang macem-macem yaaa). nah dari sinilah 'muncul' (bukan 'lahir' lho...) suatu 'tatanan sistem yang terkecil' (bukan ' seorang anak'..)dalam masyarakat Islam yaitu Keluarga Sakinah...

Ketenangan, ketentraman itulah idealnya, perhatikan firman Allah dibawah ini
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir (QS. Ar-Rum [30]: 21).

Sebuah keluarga yang sakinah bukannya keluarga yang bebas konflik , tapi keluarga yang bisa menanamkan kepada anggota keluarganya cara untuk menyikapi konflik tersebut. Artinya semua masalah yang terjadi adalah sebuah kewajaran bukan sebuah hambatan dalam perwujudan sebuah keluarga muslim.


Kayaknya bersambung.... (insyaallah)
Digg Google Bookmarks reddit Lintasberita StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl
blog comments powered by Disqus